Cara Menjadi Digital Agency Profesional Indonesia - Kali ini kita akan membahas sedikit bagaimana cara menjadi digital marketing atau digital agency yang profesional dan mendapatkan penghasilan dari internet. sebenarnya sangat mudah jika kita tekuni dan terus belajar dengan giat.

kita mencoba melihat pada perusahaan startup yang ada di indonesia seperti tokopedia,bukalapak dll sebagainya. mereka menjadi perusahaan startup karna adanya internet dan teknlogi yang ada pada saat ini.

Tapi untuk kalian yang belum tahu apa itu digital agency atau digital Marketing, oke sedikit pembahasan tentang cara menjadi digital agency profesional indonesia.

Cara Menjadi Digital Marketing Profesional Indonesia
Cara Menjadi Digital Marketing Profesional Indonesia


Apa Itu Digital Marketing ?


Digital marketing adalah semua usaha marketing yang memanfaatkan alat elektronik atau internet. Semua strategi digital dan channel marketing yang digunakan untuk tetap terhubung dengan konsumen secara online merupakan definisi digital marketing. Dari website, social media marketing, iklan PPC, email marketing, hingga SEO termasuk dalam digital marketing.

Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Internet ? 

memperluas jejaring social media dan berinteraksi dengan orang-orang yang menggunakan social media contoh nya kita masuk kedalam forum kaskus, linkedin, dan forum-forum lainnya. kita bisa mencari tahu bagaimana dan tahap awal apa yang harus kita lakukan untuk menjadi digital agency, digital marketing, social media specialist.

Perbedaan Digital Marketing dengan Marketing Tradisional

Pada dasarnya keduanya sama-sama bertujuan untuk memasarkan. Pemasaran bertujuan untuk memperkenalkan sebuah produk kepada masyarakat atau calon konsumen menggunakan berbagai macam strategi.  Tujuan utamanya adalah untuk memikat calon konsumen agar menggunakan produk yang dipasarkan. Jadi tidak hanya fokus pada pengenalannya saja namun juga bagaimana memilih strategi yang tepat untuk menarik calon konsumen.

Agar lebih memahami perbedaan digital marketing dan pemasaran yang biasa, berikut beberapa perbedaan yang dibagi menjadi tiga kategori.

Cara Menjadi Digital Agency Profesional Indonesia
Cara Menjadi Digital Agency Profesional Indonesia


1. Pertajam Skill Analisa

Skill analisa menjadi salah satu skill penting yang dimiliki setiap digital marketing. Hal ini dibutuhkan agar digital marketing dapat menganalisa setiap kegiatan / aktifitas marketing yang mereka lakukan. Tak hanya itu, mereka juga harus daoat menganalisa setiap kebutuhan dan konversi penjualan dari website yang mereka miliki. Dengan kemampuan analisa yang mumpuni, diharapkan mereka dapat meningkatkan penjualan di dunia online. Serta, memberikan prediksi langkah dan kebutuhan yang harus diambil beberapa tahun kedepan.

2. Aktif Dalam Bersocial Media

Tidak dapat dipungkiri, social media merupakan komponen penting dalam channel digital marketing. Oleh karena itu, untuk menjadi digital marketing handal, wajib hukumnya untuk dapat aktif dan menguasai kemampuan social media dengan baik. Mereka harus mampu menyusun strategi untuk memperluas jaringan pemasaran melalui social media. Selain itu, social media juga berperan penting untuk memperluas leads bisnis produk yang mereka tawarkan.

3. Kemampuan visualisasi data yang baik

Marketing without data is like driving with your eyes closed.
Seperti kata kutipan diatas, sebagai seorang marketing, apalagi digital marketing, keberadaan data menjadi salah satu hal yang sangat vital. Data diperlukan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan keputusan yang mereka ambil. Sehingga, setiap kegiatan / aktivitas marketing yang mereka lakukan sudah berdasarkan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Tak hanya itu, seorang digital marketing harus mampu menyajikan data dengan baik sebagai bentuk evaluasi. Untuk itu, kemampuan mengolah dan memvisualisasikan data yang baik sangat diperlukan untuk menjadi digital marketing handal.

4. Pondasi technical skill yang kuat

Tak ada salahnya untuk mempelajari dasar technical skill, seperti dasar web development atau video editting. Hal ini diperlukan agar mereka juga dapat berkomunikasi dengan baik dengan tim web developer atau video creator. Sehingga, mereka dapat saling berdiskusi dan bertukar pikiran untuk membuat digital marketing campaign.

5. Tak hanya technical skill, soft skillmu juga perlu diasah

Hal ini memang terdengar sederhana, namun untuk menjadi digital marketing handal, kita harus mampu berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjadi pribadi yang fleksibel terhadap pekerjaan maupun pelanggan. Penting bagi seorang digital marketing untuk menyeimbangkan antara technical skill dan soft skill mereka.

6. Bisa bekerjasama dalam tim

Seorang digital marketing juga harus dapat menjadi team player yang baik untuk bekerjasama dengan anggota tim lain. Karena, untuk membuat sebuah digital marketing campaign, akan membutuhkan resource / bantuan dari tim lain seperti web developer, social media, content creator, dll. Selain dapat meringankan pekerjaan mereka, hal ini akan memudahkan mereka untuk bertukar pikiran dan mendapat insight dari setiap anggota tim. 

7. Adaptable dengan perkembangan teknologi

Seperti yang sudah kita ketahui, digital marketing merupakan sebuah profesi erat kaitannya dengan dunia digital dan teknologi yang selalu berkembang. Untuk itu, penting bagi seorang digital marketing untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan dunia digital dan teknologi terkini. Sehingga, skill yang mereka miliki akan selalu berkembang dan tune – in dengan update teknologi terbaru.

Mungkin sedikit ilmu pengetahuannya tentang digital agency atau digital marketing profesional. jangan lupa untuk follow instagram saya : klik disini untuk bertanya-tanya atau konsultasi cara mengamankan data pribadi dan cara menggunakan internet yang baik. see you!

Post a Comment

http://www.hackcuih.com/ akan terus berkembang dan akan membagikan artikel menarik lainnya.

Previous Post Next Post